•  

    tags: suap mk mahfud

    • Sampai sekarang pun saya masih yakin 100 persen. Saya setiap hari bersama mereka. Saya tahu kasus per kasus. Suasana kejiwaan dan moralitas itu kan bisa dikenali karena tiap hari sudah bersama.

      Saya itu sudah sejak Agustus 2008. Saya selalu menyelidiki apa mungkin ada orang main perkara di sini, apakah itu pejabat lain atau hakim. Dua tahun saya cari, tidak ada.

    • Karena dia yang tahu. Dan ini sekaligus pembelajaran kepada rakyat dan bangsa ini. Bahwa siapa yang menuduh harus bertanggung jawab. Selama ini kan lembaga negara ini diperlakukan sewenang-wenang oleh teman-teman dari LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat). Dituduh lalu kalau tidak terbukti cuma ketawa-ketawa. Nah sekarang kalau menuduh, harus bisa membuktikan.

    • Kepada MK, Rafely tidak menunjuk nama hakim yang diduga memeras itu?
      Tidak ada. Makanya dia diminta diberi waktu 1 bulan. Tak usahlah bukti yang kongkrit. Tunjukkan bahwa ada orang yang dia lihat itu. Nanti kami yang menyelesaikan. Nah itu, dia menunjuk orang saja tidak mau.

    • Bapak yakin hakim 100 persen tidak terlibat praktek suap menyuap. Bagaimana dengan panitera?
      Saya rasa MK, pejabat di sini tidak adalah. Tapi mungkin ada anak-anak itu diberi uang saat seseorang mendaftarkan berkas. Itu mungkin. Tapi ini kan kecil. Tapi ini tuduhanya kan hakim.

