Karena masalah Tibet, pemerintah Cina memblokir iTunes. Demikian diberitakan Ascociated Press hari Jumat (22/8). Pemerintah mungkin akan menutup akses buat album Tibet tersebut.

Pelanggan musik onlinenya iTunes dari Apple Inc. tidak bisa lagi men download lagu-lagu dalam minggu ini. Beijing sedang mencoba menutup akses ke album bertemakan Tibet itu. Orang mengeluh karena sejak Senin lalu tidak bisa mendownload musik, sehari sesudah Yayasan Perdamaian mengumumkan rilis album “Songs for Tibet” yang musiknya digarap Sting, Alanis Morisette, Garbage dll. Ada juga diselipkan percakapan dengan tokoh Tibet Dalai Lama yang berada di pengasingan. Direktur eksekutip iTunes di New york, Michael Wohl yakin bahwa pemblokiran itu disebabkan album yang dirilis, meski tidak punya bukti.

iTunes

iTunes

Setelah kami umumkan ada 40 atlit olimpiade men download album tersebut sebagai penggalangan solidaritas, lalu di blokir, kata Wohl. Beijing mendorong penggunaan internet untuk pendidikan tetapi sambil berusaha memblokir situs asing yang dijalankan oleh pembangkang, aktivis HAM dan Tibet.
Kementerian Industri dan TI yang mengurus internet tidak memberikan tanggapan. Jurubicara dari Kementerian Keamanan Masyarakat pun mengatakan tidak mendapat informasi mengenai hal itu. Apple yang berkedudukan di California mengakui pelanggannya kecewa. “Kami mengamati persoalan log-on itu tapi sementara ini belum bisa berikan komentar.”, kata Huang Yuna, jurubicara Apple di Beijing. Dia mengelak ketika ditanyakan berapa orang pelanggan yang terkena.

Seorang menulis dalam macfans.com.cn, situs pengguna Apple berbahasa Cina, “Melakukan suspen kepada iTunes adalah hukuman buat iTunes tapi tidak akan menyakitinya.” Dijelaskan Wohl, kebanyakan atlet memperoleh album sebelum ke Cina, sebagian lagi men download di Cina. Ini yang bikin gusar pemerintah. Wohl menolak memberikan identitas para atlet tersebut karena tidak mau bermasalah dengan pemerintah Cina dan komite olimpiade.

Cina adalah pengguna internet terbesar mencapai 253 juta orang, sedang Amerika 223 juta orang. Apple tidak memiliki layanan iTunes berbasis di Cina. Pengguna harus log on ke situs Amerika atau market lain. Di sisi lain iPod player musik digital sangat populer di Cina.

Iklan